Klik Disini

Wednesday, May 22, 2013

Puding Nangka (Jackfruit Pudding)


Kemaren pohon Nangka di belakang rumah sudah berbuah dan kebetulan ada beberapa yang sudah matang di pohonnya, wanginya sudah tercium kemana-mana. Langsung saja kami petik, belah dan kami nikmati daging buah nya yang beraroma enak. Teman-teman sudah tahu nutrisi yang terkandung dalam buah Nangka? Ini dia sekilas faktanya:
Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus), adalah salah satu jenis buah yang paling banyak ditanam di daerah tropis. Buah ini cukup terkenal di seluruh dunia. Dikenal dengan sebutan ‘jackfruit’. Tanaman ini diduga berasal dari India selatan yang kemudian menyebar ke daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia.
Buah nangka mengandung vitamin A, B, dan C dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, dan niacin. Juga mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah yang cukup banyak bila dibandingkan dengan berbagai buah lainnya.
Buah Nangka mempunyai kandungan gizi yang tinggi, 100 gram buah nangka memiliki 106 kalori, 27,6 gram karbohidrat dan 1,2 gram protein. Namun sebaiknya jangan berlebihan makan buah yang manis enak ini karena akan menimbulkan banyak gas dalam perut.
Selain itu buah Nangka berkhasiat sebagai antioksidan, sumber Vitamin C, kurangi resiko penyakit jantung dan stroke, penambah energi, proteksi terhadap kanker dll
Karena buahnya masih banyak yang tersisa, saya langsung dapat ide mengolah buah nangka ini menjadi puding yang lezat, mau tahu caranya, mari kita buat:

Bahan-bahan:
  • 400 gr Daging buah Nangka segar, buang bijinya
  • 20 gr Agar-agar putih bubuk, bisa juga diganti dengan agar-agar rasa (melon atau strawberry)
  • 150 gr Gula pasir atau sesuai selera
  • 200 ml Susu sapi segar (cair)
  • 800 ml (4 1/2 gelas) air putih
  • 1/4 sendok teh garam
Cara Membuat :
  1. Blender daging buah Nangka yang sudah dibersihkan bersama susu sapi segar sampai halus
  2. Siapkan panci untuk memasak agar-agar
  3. Masukkan bubuk agar-agar dan gula, kemudian campurkan dengan air, aduk semua sampai rata
  4. Masak diatas api sedang sampai mendidih
  5. Angkat dan biarkan sebentar, kemudian masukkan susu dan buah Nangka yang sudah diblender
  6. Masukkan kedalam cetakan, biarkan sampai agar-agar membeku (dapat juga disimpan dalam lemari pendingin). Siap disajikan... Yumm
~Untuk 10 orang

No comments:

Post a Comment