Klik Disini

Thursday, September 12, 2013

Jamur Tiram Crispy (Crunchy Fried Oyster Mushroom)

Oyster Mushroom
Kemarin saya baru jalan-jalan ke pasar tradisional yang ada di kota Kabanjahe. Sebenarnya tujuan saya bukan mau belanja cuma iseng-iseng saja "sightseeing". Fortunately, di  ujung pintu masuk pasar tersebut saya bertemu dengan seorang ibu yang sedang duduk sambil menjual dagangannya yaitu: Jamur Tiram yang masih segar. Saya langsung menanyakan berapa harganya, ternyata satu bungkus dia jual Rp. 5000,-. Harga yang cukup murah saya pikir karena biasanya harga sebungkus itu di mall mencapai Rp. 8000,-. Langsung saya borong 3 bungkus, saya sudah punya ide mau diapain ne Jamur-jamur putih nya. Saya share aja ya buat sobat-sobat sekalian, Resep Jamur Crispy ala Chef Richie:

Bahan-bahan :
  • Jamur tiram 250 gr , bersihkan, cuci lalu suwir-suwir menurut selera
  • Tepung beras, 50gr 
  • Tepung terigu, 150gr 
  • Tepung maizena, 50gr 
  • 2 buah telur, dikocok lepas
  • Setengah sendok teh baking soda
  • Setengah sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 3 siung bawang bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Jamur Crispy yang Gurih dan Renyah
  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu serta tepung maizena  tambahkan sedikit garam dan merica bubuk kemudian  di aduk-aduk hingga rata.
  2. Siapkan telur dan kocok lepas. Tambahkan bawang putih, garam, dan kaldu bubuk. Lalu aduk-aduk sampai rata.
  3. Celupkan Jamur ke dalam adonan telur  lalu gulingkan pada tepung. Ulangi sekali lagi sampai semuanya habis.
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng jamur yang sudah dilumuri tepung tadi. Goreng sampai matang hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Jamur Crispy siap disajikan dengan saus sambal pedas, saus tomat atau mayonaise.
~Untuk 5 org 
mudah dan sehat!

Fakta seputar Jamur Tiram (Oyster Mushroom)
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%. Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya.

No comments:

Post a Comment